My Experience, My Blog

tempat belajar, tempat berbagi, tetapi bukan tempat untuk menggurui

DIALux

Published by matt under , on 08:29
==========
DIALux adalah software free alias gratis yang digunakan untuk mendesain tata cahaya ruangan indoor/outdoor maupun tata cahaya objek lainnya. Selain DIALux, (katanya) ada software gratis lainnya yang memiliki fungsi mirip DIALux yaitu Calculux. Tetapi saya belum pernah mencobanya, dari namanya aja udah gimanaa gitu... :p selain kedua software tersebut, masih ada banyak lighting software yang komersial alias berbayar, contohnya Microlux, Lumen Designer, AGI32, RETscreen, etc. -update: Calculux ternyata software komersial alias BAYAR-

Pertama kali saya menggunakan DIALux ini adalah dua minggu sebelum posting tulisan ini, tepatnya tanggal 4 Maret 2009 pukul 12.00 saat praktikum mata kuliah Teknik Pencahayaan. Pertama kali belajar, masih belum ada yang berkesan. So..so..lah. Setelah mengerjakan modul ketiga dari ketiga modul yang tersedia dari praktikum tersebut, barulah saya menyadari kerennya software ini. It's awesome! at least for me who had never use this kind of software before.. d^^

Dengan DIALux kamu bisa merancang sebuah ruangan lengkap dengan perabotan dan pernak-pernak yang kamu mau. Setelah itu kamu bisa menghitung berapa lampu yang dibutuhkan untuk membuat kamu nyaman di dalam ruangan itu. Dan karena datasheet dari lampu yang digunakan memang asli dan sama dengan datasheet lampu yang beredar di pasaran (philips, OSRAM, dll) maka kamu juga bisa langsung menghitung kebutuhan energi dari pencahayaan yang dibutuhkan dalam ruangan itu. Kalo kamu suka main game The Sims atau game2 simulasi lainnya, mungkin kamu akan senang bermain dengan DIALux ini. Hehe...

FYI, DIALux ini ternyata juga bisa digunakan untuk membuat objek 3D, yang kadang dibutuhkan ketika kita ingin mensimulasikan ruangan menggunakan sebuah objek yang tidak ada di database furniture bawaan dari DIALux. Keren juga, lighting software tapi bisa dipake buat bikin rancangan 3D. Kemarin teman saya Didik sempat memamerkan hasil "keisengan" dia membuat rancangan pesawat boeing 3D menggunakan DIALux. Dan keesokan harinya dia bilang sudah membuat rancangan helikopter menggunakan DIALux. Gilee...rajin banget lu dick... =p

Berikut adalah hasil praktikum Teknik Pencahayaan saya merancang pencahayaan ruangan kantor, dikerjakan bareng Dini (13305031). Masih cupu sih, tujuannya juga cuma buat pengenalan. Mungkin nanti kalo sempet mau bikin rancangan lainnya dengan DIALux ini.
^^b

16 komentar:

Meri said... @ 11 May 2009 at 11:58

Keren ya mat..ntarlah awak coba2 oprek jg :P

Anonymous said... @ 23 July 2009 at 16:06

mas, mau tanya... apakah diktat praktikum teknis pencahayaan menggunakan Dialux ini dapat dibeli oleh orang diluar ITB? jika bisa, dapat diperoleh dimana ya? thanks

matt said... @ 11 August 2009 at 23:59

diktat nya tdk bisa dibeli mas, karna ini sebenarnya cuma modul praktikum kuliah. :D

inidini. said... @ 15 September 2009 at 15:19

huaaa mat.. ini siapa ya interior designernya?? seadanya gitu yaa. wkwkwk. canda ah mat. lumayan mengrangi gapLux gw.. hihi

Anonymous said... @ 28 November 2012 at 14:31

Mas apa bisa memberikan kursus prifat mengenai dialux..??

matt said... @ 2 December 2012 at 17:42

bisa saja mas. posisi anda dimana?

bram said... @ 8 December 2012 at 20:10

Posisi saya ada di Jakarta, kira2 butuh berapa hari dan berapa biayanya?

Anonymous said... @ 9 March 2015 at 15:16

mas bisa berikan privat ke saya tentang software ini. tolong hub saya di 081380756780 (dimas).

Unknown said... @ 17 April 2015 at 00:16

Mas. Saya ingin belajar dialux. Apa ada yg bisa kasih les privat program ini di daerah Jakarta Selatan? Mohon infonya ke email saya: krupukampoeng@gmail.com. Trmksh sblmnya.

Unknown said... @ 13 May 2015 at 04:46

mas bs berikan privat ke saya tentang software ini, hub saya 082238792149

Unknown said... @ 14 August 2015 at 18:49

saya tertarik untuk mempelajari dialux.. tolong hub saya 081910100488 lokasi bandung

Abi270 said... @ 17 August 2015 at 14:54

Private Dialux Jakarta Selatan...

Silahkan hubungi 089636082301

rezah said... @ 16 December 2015 at 17:16

ane mau nanya dong broo koq ane download dialux 4.12 tp koq kg bisa ngeliat gambar lampu di setiap merk yahh....

tolong yah solusinya gimana....

matt said... @ 16 December 2015 at 18:16

sudah download plugin lampunya?

M.Alfian Zarkasih said... @ 25 January 2020 at 15:21

Salam kenal Pak. Saya alfian berminat mengikuti pelatihan dialux. Bisa di info waktu, biaya, dan syaratnya ke malfianzarkasih1@gmail.com

d said... @ 30 March 2021 at 16:23

Salam kenal Pak. Saya berminat mengikuti pelatihan dialux. Bisa di info waktu, biaya, dan syaratnya ke admsupport@amb-indonesia.co.id

Post a Comment